PENERAPAN STRATEGI THE FIRING LINE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) MATERI SIFAT JAIZ BAGI ALLAH SWT DI KELAS IV SDN KEBUR PADA SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Reseach). Berdasarkan hasil pengamatan di Sekolah Dasar Negeri Kebur ditemui gejala-gejala atau fenomena khususnya pada pelajaran Pendidikan Agama Islam hasil belajar yang diperoleh siswa belum optimal, antara lain sebagian siswa belum mencapai KKM yang telah ditetapkan, dan cara guru mengajar yang kurang menarik perhatian siswa.  Strategi the Firing Line merupakan cara gerakan cepat yang dapat digunakan untuk berbagai tujuan. Ia menonjolkan secara terus menerus pasangan yang berputar.  Peserta didik mendapat kesempatan untuk merespon secara cepat pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan strategi The  Firing  Line  dapat  meningkatkan hasil  belajar  Pendidikan Agama  Isalam (PAI)  materi  sifat  jaiz  bagi  Allah  SWT siswa kelas IV SDN Kebur? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam murid kelas IV SDN Kebur melalui strategi The Firing Line. Penelitian ini dilakukan dalam  dua siklus, data  yang diuraikan adalah sebelum tindakan, pada Siklus I dan Siklus II, tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan.  Agar  penelitian  tindakan  kelas  ini  berhasil  dengan  baik  tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian tindakan kelas, yaitu : 1) Perencanaan/  persiapan  tindakan,  2) Pelaksanaan  tindakan,  3)  Observasi, dan Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian penerapan strategi The Firing Line pada mata pelajaran PAI, diketahui bahwa adanya peningkatan tes hasil belajar dari sebelum tindakan, siklus I hingga siklus II. Sebelum tindakan hasil belajar siswa tergolong sedang  dengan  persentase  dengan  rata-rata  56,8%,  terjadi  peningkatan  hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I hasil belajar siswa 72,2% sedang. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus II (85,2%) baik. Dari data di atas diketahui bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada materi sifat jaiz bagi Allah SWT dapat meningkat melalui penerapan strategi The Firing Line.