FAKTOR-FAKTOR YANG MENARIK MINAT NASABAH MENGGUNAKAN LAYANAN MOBILE BANKING (Studi Pada PT Bank BNI Syari’ah KCP Taba Jemekeh Lubuklinggau)

Abstract

Mobile Banking merupakan salah satu hasil pengembangan teknologi Mobile yang digunakan dalam domain komersial. Berkat Mobile Banking, nasabah dapat menggunakannya untuk mendapatkan layanan 24 jam sehari tanpa harus mendatangi kantor cabang bank untuk transaksi personal. Bank BNI Syari’ah merupakan bank yang paling unggul dari perbankan lain khususnya dari sisi teknologi Mobile Banking dari hasil survey kepuasan dan survey industri peringkat satu dari perbankan lain. Untuk itu, penelitian ini dilakukan di Bank BNI Syari’ah KCP Taba Jemekeh Lubuklinggau. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan faktor-faktor yang menarik minat nasabah menggunakan layanan Mobile Banking adalah (1) Faktor kebutuhan nasabah di era digitalisasi (2) Faktor kemudahan, kenyamanan dan kecepatan dalam mengakses segala transaksi (3) Efisien dan dapat menghemat  waktu (4) Dapat digunakan kapan saja dan dimana saja (5) Dapat membantu bertransaksi didalam negeri dan diluar negeri (6) Menu yang lebih lengkap dan uptodate. Kendala dalam menggunakan layanan Mobile Banking adalah (1) Pengaktifan harus ada email (2) Nomor yang didaftarkan diaplikasi harus sama dengan nomor smartphone yang digunakan sehari-hari (3) Memakai pulsa saat konfirmasi pin OTP (4) Adanya 2 pin dalam transaksi Mobile Banking (5) Pengaktifan dan melakukan transaksi tidak berhasil (6) Jaringan yang tidak stabil (7) Susah Login saat pergantian handphone.