Pengaruh Marketing Mix Terhadap Peningkatan Nasabah Pada PT. Takaful Keluarga Cabang Lubuklinggau

Abstract

• Takaful Keluarga yang merupakan salah satu perusahaan asuransi syari’ah di kota Lubuklinggau yang bergerak dibidang jasa yang menerapkan marketing mix (bauran pemasaran). Marketing Mix merupakan kegiatan pemasaran yang dilakukan secara terpadu, yang dilakukan secara bersamaan di antara elemen yang ada dalam marketing mix itu sendiri yaitu produk (product), harga (place), promosi (promotion), dan tempat atau distribusi (place). Marketing Mix yang digunakan oleh PT. Takaful yang diterapkan perlu dianalisis dan dievaluasi untuk dapat mengukur seberapa besar pengaruhnya terhadap peningkatan nasabah. Penelitian ini merupakan penelitian mixes (campuran) yaitu penelitian dengan metode kualitatif dan kuantitatif di PT. Takaful Keluarga Cabang Lubuklinggau. Dalam pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan wawancara, observasi, angket (kuisioner), dan dokumentasi. Dalam penelitian kualitatif ini wawancara yang dilakukan dengan manajer pemasaran, dan agent, dan untuk menganalisis penelitian kuantitatif menggunakan analisis data statistic dengan menggunakan rumus korelasi product moment serta interprestasi dalam koefisien korelasi. Hasil dari penelitian adalah bahwa (1) marketing mix yang digunakan secara keseluruhan oleh PT. Takaful cukup baik dan efektif mampu meningkatkan jumlah nasabah dan (2) bahwasannya ada pengaruh yang cukup kuat di dalam marketing mix untuk meningkatkan nasabah PT. Takaful Keluarga Cabang Lubuklinggau dengan angka r 0,78 sebesar yang berada pada interval 0,600 – 0,800 yang termasuk ke dalam kategori cukup kuat.