STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN BAITULLAH IB HASANAH DI BANK BNI SYARIAH KC LUBUKLINGGAU

Abstract

Strategi pemasaran sebagai alat fundamental yang direncanakan untuk mencapai tujuan perbankan dengan mengembangkan keunggulan bersaing yang berkesinambung melalui pasar yang dimasuki dan program pemasaran yang digunakan untuk melayani pasar sasaran tersebut. Untuk itu, penelitian ini dilakukan di Bank BNI Syariah KC Lubuklinggau dengan rumusan masalah: (1) Bagaimana strategi pemasaran produk tabungan Baitullah iB Hasanah pada Bank BNI Syariah KC Lubuklinggau (2) Faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam pemasaran produk tabungan Baitullah iB Hasanah pada Bank BNI Syariah KC Lubuklinggau. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) sedangkan pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan ini adalah bahwa Bank BNI Syariah KC Lubuklinggau telah melaksanakan strategi pemasaran dengan menggunakan strategi produk, strategi harga, strategi tempat/distribusi, dan strategi promosi. Faktor pendukung dalam pemasaran terdapat pada faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang terdiri dari pemimpin, karyawan fasilitas perusahaan dan teknologi. Sedangkan faktor eksternal yang terdiri dari para agen jasa pemasaran, kebijakan pemerintah, dan pesaing. Adapun yang menjadi faktor penghambat dalam pemasaran terdapat pada faktor internal dan eksternal. Faktor internal yang terdiri dari sumber daya manusia, fasilitas perusahaan, dan teknologi. Sedangkan faktor eksternal yang terdiri dari faktor lingkungan, faktor pesaing dan bidang operasional.