PENGARUH PENGGUNAAN MUSIUM VIRTUAL DI GEOGLE ARTS AND CULTURE TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA PELAJARAN SKI DI MTs DARUSSALAM KOTA LUBUKLINGGAU

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1). mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran musium virtual terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di kelas VII MTs Darussalam Lubuklinggau, 2). mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran musium virtual terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di kelas VII MTs Darussalam Lubuklinggau secara bersama-sama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis quasi eksperiment. Populasi yang digunakan adalah seluruh peserta didik MTs Darussalam Lubuklinggau  yang berjumlah 151 peserta didik dengan teknik purposif sampling, yaitu kelas VII  Abdullah bin Mas`ud dan Kelas VII Surabil bin Hasanah  sebagai kelas eksperimen dan kelas VII sebagai kelas kontrol. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang dipakai adalah angket, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan museum virtual di geogle art and cultural terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran SKI kelas VII di MTs Darussalam Lubuklinggau. Hal itu dibuktikan dengan hasil thitung = 4,278 > ttabel (53-1=52) = 1,674 dan nilai signifikanyang diperoleh 0,000 < 0,05. 2). Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan museum virtual di geogle art and cultural terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI kelas VII di MTs Darussalam Lubuklinggau. Hal ini dibuktikan dengan hasil thitung = 5,112 > ttabel (53-1=52) = 1,674 dan nilai signifikan yang diperoleh 0,000 < 0,05.3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan museum virtual di geogle art and cultural terhadap motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI kelas VII di MTs Darussalam Lubuklinggau. Hal ini dibuktikan dengan hasil thitung = 5,680 > ttabel (53-1=52) = 1,674 dan nilai signifikan yang diperoleh 0,000 < 0,05.