IDENTIFIKASI HAMBATAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK PADA GURU KELAS RENDAH DI SDN 02 MUJUR LOMBOK TENGAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Identifikasi Hambatan Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Pada Guru Kelas Rendah Di SDN 02 Mujur Tahun Ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah Kepala sekolah, guru kelas I, II, dan III SD Negri 02 Mujur.Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada perbedaan hambatan yang dialami oleh guru dalam pelaksanaan pembelajaran tematik di kelas rendah sebelum dan sesudah adanya Pandemi Covid-19. Sebelum adanya Pandemi Covid-19 hambatan yang dialami guru adalah minimnya pengetahuan guru mengenai pembelajaran tematik, guru kesulitan dalam memahami apa saja komponen yang harus ada pada RPP tematik, kurangnya sarana dan prasarana yang menunjang pembelajaran seperti alat praga untuk mengajar, guru kesulitan dalam menerapkan kegiatan 5M di kelas rendah, kurangnya antusias dari siswa di kelas II dan III dalam mengikuti pembelajaran tematik dan guru kesulitan untuk memberikan penilaian kepada siswa menggunakan penilaian K13. Hambatan guru pada pelaksanaan pembelajaran tematik setelah adanya Pandemi Covid-19 adalah guru kesulitan mengajar dari satu desa ke desa yang lain karena jarak antar desa yang berjauhan, tidak adanya fasilitas untuk mengajar seperti papan tulis, spidol,dan penghapus, banyak siswa yang absen dalam mengikuti pembelajaran dan guru tidak bisa memberikan penilaian secara maksimal kepada siswa dikarenakan keterbatasan waktu tatap muka antara siswa dan guru saat belajar di tengah Pandemi Covid-19