IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI BACA-TULIS BERBASIS SEKOLAH DI SDN 02 DAN 04 LOMBOK BARAT
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) mendiskripsikan keterlaksanaan kebijakan Gerakan Literasi Baca-Tulis Berbasis Sekolah di SDN 02 dan 04 Lombok Barat, (2) mendiskripsikan faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan Gerakan Literasi Baca-Tulis Berbasia sekolah di SDN 02 dan 04 Lombok Barat, (3) mengidentifikasi kebijakan sekolah menemukan solusi permasalahan Gerakan Literasi Baca-Tulis Berbasis Sekolah di SDN 02 dan 04 Lombok Barat. Jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan studi kasus. Lokasi penelitian di SDN Lombok Barat. Dengan sumber informasi Kepala Sekolah, Guru kelas, Penanggung jawab perpustakaan, dan Peseta didik. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil kajian keterlaksanaan Gerakan Literasi Baca-Tulis berbasis Sekolah di SD 02 dan 04 Lombok Barat menunjukan bahwa: (1) program sekolah pendukung Gerakan Literasi Baca-Tulis adalah aktivitas seperti: Membaca 15 menit sebelum dilaksanakan pembelajaran, Perpustakaan Sekolah, Menulis Puisi, Jumat Qurani, dan Mading. (2). Faktor pendukung Gerakan Literasi Baca-Tulis berbasis Sekolah adalah: Perpustakaan Sekolah, Perpustakaan Keliling. Faktor penghambat Gerakan Literasi Baca-Tulis Berbasis Sekolah adalah, ketersediaan jumlah dan jenis buku yang terbatas serta ruang perpustakaan tidak terkelola secara maksimal, tidak memiliki sumber dana khusus dan rendahnya minat peserta didik, (3) Solusi factor penghambat Gerakan Leterasi Baca-Tulis Berbasis Sekolah bahwa sekolah melalui kepala sekolah melakukan inovasi program dengan memperbanyak buku-buku penunjang, mengembangkan taman bacaan maupun mengelola pojok kelas.