Manajemen Kepala Sekolah Perempuan untuk Mewujudkan Sekolah Unggulan
Abstract
Keberhasilan lembaga sekolah tidak terlepas dari manajemen yang diterapkan oleh seorang kepala sekolah serta bagaimana menggerakkan guru-guru serta karyawan yang terkait didalamnya. Seorang kepala sekolah harus mampu menjadikan lembaga yang dipimpinnya menjadi lembaga sekolah yang sehingga, dapat menghasilkan out put yang berkualitas unggul pula. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen yang diterapkan kepala sekolah perempuan untuk mewujudkan sekolah unggulan di SMPN 4 Kediri dan faktor-faktor apa saja yang menjadi pendukung maupun penghambat dalam manajemen yang diterapkan oleh kepala sekolah perempuan untuk mewujudkan sekolah unggulan di SMPN 4 Kediri. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi langsung, wawancara mendalam Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) manajemen yang diterapkan kepala sekolah perempuan untuk mewujudkan sekolah unggulan di SMPN 4 Kediri meliputi beberapa tahap yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan penilaian. 2) faktor pendukung dan penghambat kepala sekolah perempuan untuk mewujudkan sekolah unggulan di SMP Negeri 4 Kediri yaitu: adanya kerjasama yang baik antara kepala sekolah dengan guru, sarana dan prasarana yang memadai, dan apresiasi kepala sekolah yang baik, sedangkan factor penghambatnya adalah masih ada beberapa guru yang mengajar tidak sesuai dengan kurikulum, factor usia dari pendidik yang menjadikan kurang maksimalnya kegiatan pendidikan.