Dampak covid-19 terhadap implementasi pembelajaran di era digital 4.0
Abstract
Artikel ini membahas tentang bagaimana dampak Covid-19 terhadapimplementasi pembelajaran di era digital 4.0. Di sisi lain, research ini jugamengeksplorasi potensi munculnya skill-skill peserta didik dalam prosespembelajaran berbasis digital. Untuk tujuan ini maka penelitian dilakukanmenggunakan kajian literature (library research). Tema tentang pembelajarandikaitkan dengan Covid-19 belakangan menarik untuk dikaji melalui penelitian.Beberapa hasil penelitian ditemukan bahwa pembelajaran berbasis e-learningdengan varian aplikasi di masa pandemi tidak signifikan. Kontradiktif dengansifat media pembelajaran digital yang salalu menarik perhartian siswa padaumumnya. Ini relevan dengan masa perkembangan anak-anak yang tertarikdengan media visual digital. Disisi lain, keterampilan-keterampilan hidup danberkarir abad 21 mulai dicoba pada pembelajaran masa Covid-19 sepertifleksibilitas dan adaptabilitas pada proses pembelajaran masa Covid-19 sehinggamemunculkan berbagai kreatifitas dan kemandirian di kalangan siswa