MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA MELALUI TEKNIK ARISAN SOAL BERANTAI BAGI SISWA KELAS VI SDN MANGGARAI SELATAN 03 JAKARTA SELATAN
Abstract
Menurut hasil penelitian Van Sickle dalam buku karangan Solihatin, (2006 : 13) judul karangan Cooperatif Learning, Analisis Model Pembelajaran menemukan bahwa sistem belajar kelompok dan debriefing secara individual dan kelompok dalam model cooperatif learning mendorong tumbuhnya tanggung jawab sosial dan individu siswa, berkembangnya sikap ketergantungan yang positif mendorong peningkatan dan kegairahan belajar siswa serta pengembangan ketercapaian kurikulum. Berdasarkan latar belakang tersebut di atas maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut : “Apakah melalui arisan soal berantai dapat meningkatkan hasil belajar IPA Perkembangbiakan tumbuhan dan hewan bagi siswa kelas VI SD SDN Manggarai Selatan 03 Jakarta Selatan pada semester I tahun pelajaran 2012 / 2013 ?” Tujuan khusus Penelitian Tindakan Kelas ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar Mata Pelajaran IPA melalui teknik arisan soal berantai bagi siswa Kelas VI SDN Manggarai Selatan 03 Jakarta Selatan pada semester I Tahun pelajaran 2012/2013. Sekolah yang dimaksud dalam hal ini adalah SDN Manggarai Selatan 03 Jakarta Selatan dapat mengambil manfaat yang langsung dapat diterapkan oleh guru-guru yang mengajar di sekolah tersebut dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran,sehingga mereka termotivasi untuk senantiasa menggunakan teknik-tekni ktertentu dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya.Dengan demikian dapat diharapkan perolehan hasil belajar siswanya dapat meningkat