UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN MENETAPKAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) MELALUI KEGIATAN WORK SHOP BAGI GURU DI SMP NEGERI 164 JAKARTA SEMESTER-2 TAHUN PELAJARAN 2018-2019
Abstract
kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) merupakan tahapan awal pelaksanaan penilaian hasil belajar sebagai bagian dari langkah pengembangan Kurikulum. yang mengharuskan pendidik dan satuan pendidikan menetapkan KKM dengan analisis dan memperhatikan mekanisme, yaitu prinsip dan langkah-langkah penetapan. Kenyataan dilapangan guru dalam menetapkan KKM tidak berdasarkan analisis dan tidak memperhatikan prinsip serta langkah-langkah penetapan, oleh karena itu perlu ada kegiatan pada awal tahun pelajaran yang dapat memberikan informasi kepada guru yang dijadikan pedoman dalam penetapan KKM. Oleh karenanya kemudian peneliti melakukan workshop dalam membuat KKM. Melalui Workshop dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) di SMP Negeri 164 Jakarta Tahun Pelajaran 2018-2019. Terjadi peningkatan kesiapan peserta dalam kegiatan Workshop di SMP Negeri 164 Jakarta . Disamping itu juga, terjadi peningkatan kemampuan guru dalam menetapkan KKM melalui pembinaan berupa Workshop di SMP Negeri 164 Jakarta yang mengkhususkan pada ruang lingkup pengawasan peneliti, yaitu SMP Negeri 164 Jakarta yang ada pada lampiran (terlampir) dari siklus I ke siklus II dan mencapai target minimal yang telah ditetapkan yakni 85 %, artinya 85 % guru telah efektif dalam menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui Workshop dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal di SMP Negeri 164 Jakarta Tahun Pelajaran 2018-2019