IMPLEMENTASI TEORI BEHAVIORISTIK DALAM PEMBIASAAN BACAAN SHOLAT DI RA DZAROTUL MUTMAINNAH SETU TANGERANG SELATAN

Abstract

Penelitian ini mengangat tentang pentingnya stimulus dalam proses pembelajaran dalam pembiasaan bacaan sholat, untuk  membentuk tingkah laku anak, dengan motivasi dari lingkungan sekitar akan sangat mempengaruhi respon dalam pembiasaan bacaan sholat. Teori behavioristik dalam pembelajaran merupakan upaya membentuk tingkah laku yang diinginkan dengan tepat. Dengan pembiasaan pembelajaran anak usia dini dalam tingkat Raudhathul Athfal (RA), dengan stimulus yang diberikan guru akan merangsang anak dengan berbagai respon yang diterima. Implementasi behavioristik dalam pembiasaan bacaan sholat di RA Dzarotul Mutmainnah dengan berbagai tahapan pembelajaran seperti kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. Dalam kegiatan tersebut adanya respon yang didapat siswa maka pendekatan yang muncul dalam tahap-tahap pembelajaran dengan yang diberikan guru seperti membaca keras, latihan, praktek dan pemodelan, dengan pendekatan yang diberikan reinforcement dan punishment, dengan munculnya hukuman belajar behavioristik seperti, connetionism (koneksionisme) dengan Law of Exercise (hukum latihan) dan Law of Readines (hukum kesiapan), Classical Conditioning (pengkondisian atau persyaratan klasik) dengan Law of Responden Conditioning (hukum pembiasaan yang dituntut) dalam pembiasaan bacaan sholat respon anak baik dan berhasil. Pembiasaan bacaan sholat, anak didik membentuk prilaku yang positif dengan stimulus yang diberikan guru dengan penguatan pembiasaan membuat anak cakap dalam pembiasaan bacaan sholatÂ