Upaya Meningkatkan Kemampuan Menyusun Narrative Text Menggunakan Series Of Pictures Dengan Pendekatan Kontekstual (CTL) Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 127 Jakarta

Abstract

Kompetensi menulis (writing) siswa kelas VIII salah satunya adalah narrative text. Dalam hal ini kelas VIII-1 SMP Negeri 127 Jakarta masih kesulitan dalam memahami dan menyusun narrative text dalam bahasa tulis serta menceritakanya dalam bahasa lisan. Berdasarkan hasil interviu, observasi dan tes dengan siswa, hal ini terjadi karena siswa kesulitan dalam menentukan pemilihan kata yang tepat (Diction) yang terjadi karena minimnya kosakata (vocabulary) yang mereka miliki. Bardasarkan latar belakang diatas, peneliti memformulasikan masalah sebagai berikut: Apakah penggunaan series of pictures dengan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 127 Jakarta dalam menyusun narrative text? Sesuai dengan rumusan permasalahan tersebut di atas, penelitian ini bettujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 127 Jakarta dalam menyusun narrative text menggunakan series of picture dengan pendekatan kontekstual. Harapan peneliti, hasil penelitian tindakan kelas ini akan bermanfaat secara praktis. Manfaat bagi sekolah diantaranya kualitas pendidikan di sekolah akan meningkat dan dengan meningkatnya kompetensi siswa dan kualitas guru dalam pengajaran (penggunaan media pembelajaran dan metode/strategi pengajaran yang tepat). Adanya informasi yang diperoleh dari penelitian sehingga dapat dijadikan sebagai bahan kajian bersama agar dapat meningkatkan kualitas sekolah. Manfaat bagi stake holder dapat menggunakan data yang diperoleh dari penelitian ini untuk digunakan sebagai data rujukan dalam merencanakan serta mengambil kebijakan, seperti dalam menyusun kuriklum, pengembangan silabus dan dalam perbaikan perencanaan Pembelajaran. Sedangkan manfaat bagi peneliti dapat menambah pengetahuan dan pengalaman dalam bidang pengajaran.