Penerapan Metode Bermain Teamwork Untuk Meningkatkan Motivasi Dalam Belajar Pada Siswa Kelas VIII-A SMP Negeri 271 Jakarta
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar melalui metodeĀ permainan teamwork pada siswa kelas kelas VIII-A SMP Negeri 271 Jakarta. Penelitian di lakukan secara kolaboratif antara guru Bimbingan Konseling (BK) kelas VIII-A SMP Negeri 271 Jakarta dengan guru kolaborator. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A SMP Negeri 271 Jakarta yang berjumlah 36 siswa. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus. Pada siklus pertama terdiri atas 3 tindakan, sedangkan pada siklus kedua terdiri atas 2 tindakan. Metode pengumpulan data dengan menggunakan skala motivasi belajar, observasi, dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis data kuantitatif. Adapun jenis permainan yang digunakan adalah games back to back dan all stand up, terjerat tali, see our feet, dan blind dragon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar dapat ditingkatkan melalui metode bermain teamwork . Hal ini dapat dilihat dari hasil perbandingan antara hasil pra tindakan dengan hasil pasca tindakan I dan II yang mengalami peningkatan dari 59,4% meningkat menjadi 72,9% dilanjutkan dengan siklus kedua sehingga mencapai rata-rata menjadi 78,4%. Dari hasil tersebut, penelitian dicukupkan karena kriteria keberhasilan yang ditargetkan sebesar 76% sudah terlampaui. Selain itu siswa yang mendapatkan skor kategori tinggi sebanyak 33 siswa dari 36 siswa. Tindakan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah games back to back dan all stand up, terjerat tali, see our feet, dan blind dragon.