Metode Penggunaan Langkah Polya Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyelesaikan Soal Cerita Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Pada Siswa Kelas X IPA-1 SMA Negeri 26 Jakarta

Abstract

Penelitian ini diterapkan di kelas X IPA-1 yang berjumlah 36orang dengankomposisi siswa laki-laki 18 orang dan siswa perempuan 18 orang, dengan tujuan untukmeningkatkan keterampilan siswa kelas X IPA-1 SMA Negeri 26 Jakarta Tahun Pelajaran 2018-2019 dalam menyelesaikan soal cerita pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel melalui penggunaan langkah Polya. Untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menyelesaikan soal cerita perlu ditekankan penggunaan langkah prosedural sebagaimana dianjurkan oleh George Polya yaitu memahami masalah, menyusun rencana penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa hasil yang diperoleh. Pembelajaran efektif adalah pembelajaran yang mampu mengubah perilaku peserta didik yang meliputi pengetahuan, penalaran, kecakapan dan kebiasaan. Pembelajaran matematika di sekolah mengemban tercapainya dua sasaran yaitu (1) Terbentuknya karakter peserta didik yang logis, kritis, rasional, cermat, efektif dan efisien dan (2) Implementasi hasil dalam kehidupan sehari- hari dan pengembangan ilmu pengetahuan. Menurut pengamatan penulis sebagai guru matematika di SMA ini, sebagian besar siswa kelas X mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita dengan benar. Bahkan dapat dikatakan bahwa soal cerita merupakan masalah, dipandang dari sisi kemampuan menangkap makna kalimat maupun kemampuan menggunakan prosedur penyelesaiannya. Di samping itu penyelenggaraan ujian nasional yang menggunakan soal pilihan ganda dapat merangsang siswa untuk menyelesaikan dengan jalan pintas. Pada siklus I diperoleh hasil bahwa keterampilan siswa dalam menyelesaikan soal cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel belum maksimal. Persentase keterampilan mencapai 45% dan ketuntasan belajar mencapai 42,5%. Pada siklus II setelah dilakukan refleksi dan pembenahan, diperoleh hasil persentase keterampilan sebesar 75% sedangkan ketuntasan belajar mencapai 77,5%. Dengan demikian keterampilan siswa meningkat 30% dan ketuntasan belajar meningkat 35%. Dari penelitian ini diperoleh simpulan bahwa melalui penggunaan langkah Polya, keterampilan siswa kelas X IPA-1 SMA Negeri 26 Jakarta Tahun Pelajaran 2018-2019 dalam menyelesaikan soal cerita pada materi sistem persamaan linear dua variabel dapat ditingkatkan.