UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MENULIS BUKU HARIAN MELALUI INVESTIGASI TERBIMBING PADA SISWA KELAS VII-C SMP NEGERI 55 JAKARTA

Abstract

Dari hasil studi awal di kelas VII-C SMP Negeri 55 Jakarta , bahwa kesulitan-kesulitan menulis buku harian disebabkan (1) siswa masih kesulitan dalam mengembangkan data faktual dalam keseharian, (2) siswa masih mengalami kesulitan dalam menuangkan tulisan secara sistematis, dan (3) siswa masih belum mampu menulis dengan memperhatikan aspek kebahasaan, seperti pilihan kata (diksi), penggunaan kata yang efektif, menghubungkan paragraf satu dengan paragraf lainnya, ejaan dan tanda baca. Dengan demikian, tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk mendeskripsikan peningkatan pembelajaran menulisĀ  buku harian pada Kelas VII-C SMP Negeri 55 Jakarta dengan menggunakan teknik investigasi kelompok terbimbing.Setelah dilaksanakan penelitian dengan teknik investigasi terbimbing, maka pada siklus I maka sudah ada peningkatan kemampuan menulis karangan, namun belum maksimal sehingga masih perlu dilanjutkan pada siklus II. Lalu di siklus II, sudah mengalami peningkatan kemampuan menulis karangan, karena hasil yang dicapai sudah maksimal sehingga penelitian ini tidak dilanjutkan pada siklus berikutnya. Hal ini dinyatakan pada perolehan nilai siswa yang telah mencapai standar yang diharapkan