UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENGEVALUASI HASIL BELAJAR MELALUI LOKAKARYA BERKESINAMBUNGAN BAGI GURU SMK NEGERI 43 JAKARTA

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya berbagai persoalan yang berkaitan denganĀ  kemampuan guru dalam menyusun soal tes hasil belajar peserta didik yang belum mengacu pada standar yang sudah ditetapkan. Berdasarkan hasil observasi soal tes semester-1 tahun pelajaran 2018-2019 pada pelaksanaan supervise akademik, menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam menyusun soal yang bermutu masih kurang, dengan perolehan skor persentase rata-rata 61.06% (pilihan ganda) dan 60.54% (uraian). Hal ini perlu mendapat perhatian dari kepala sekolah untuk membantu mengatasinya. Lebih lanjut perlu dilakukan penelitian tindakan melalui pelaksanaan lokakarya berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan lokakarya berkelanjutan untuk meningkatkan kemampuan dalam menyusun soal tes yang bermutu pada guru-guru di SMK Negeri 43 Jakarta. Pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis dilakukan melalui catatan perubahan yang terjadi dalam tahapan pelaksanaan tindakan sampai ditemukan data jenuh, kemudian disimpulkan secara menyeluruh. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan menulis soal yang bermutu pada setiap siklusnya mengalami peningkatan. Kemampuan menulis soal pilihan ganda pada pra tindakan memperoleh rata-rata 61.06% dan pada siklus 1 meningkat menjadi 70.72% karena belum memenuhi indicator kinerja maka tindakan dilanjutkan pada siklus 2 dan perolehan rata-rata meningkat menjadi 79.41% dan sudah memenuhi indicator kinerja dalam penelitian ini. Selanjutnya kemampuan menulis soal uraian pada pra tindakan memperoleh rata-rata 60.54% dan pada siklus 1 meningkat menjadi 70.57% karena belum memenuhi indicator kinerja maka tindakan dilanjutkan pada siklus 2 dan perolehan rata-rata meningkat menjadi 80.95% dan sudah memenuhi indicator kinerja dalam penelitian ini