UPAYA MENINGKATKAN MUTU HASIL PENYUSUNAN RPP MELALUI PROGRAM BIMBINGAN GURU-GURU DI SMP NEGERI 51 DUREN SAWIT JAKARTA TIMUR

Abstract

Dalam kenyataannya peneliti sebagai Kepala SMP Negeri 51 Duren Sawit Jakarta Timur masih merasakan kurang akan kinerja dari guru dalam menyusun RPP. Guru-guru di SMP Negeri 51 Jakarta Timur cenderung belum menemukan pola baku dalam menyusun RPP. Padahal RPP adalah satuan perangkat pengajaran yang wajib dikuasai oleh guru guna merencanakan pola dan proses pengajaran yang sistemik. Oleh karena itu Kepala Sekolah sekaligus peneliti mengajak Guru-guru binaan untuk membuat suatu terobosan dengan memberikan bimbingan secara berkelanjutan kepada guru-guru di SMP Negeri 51 Jakarta Timur, di mana nantinya akan menghasilkan (output) Guru-guru mampu menguasai cara penyusunan RPP dengan baik dan benar dan kemudian guru-guru melakukan trasnformasi pada tugasnya. Dalam Kegiatannya guru-guru menunjukkan keseriusan dalam memahami dan menyusun RPP apalagi setelah mendapatkan bimbingan pengembangan/penyusunan RPP dari peneliti. Informasi ini peneliti peroleh dari hasil pengamatan pada saat mengadakan wawancara dan bimbingan pengembangan/penyusunan RPP kepada para Guru-guru. Selanjutnya adalah menunjukkan bahwa bimbingan berkelanjutan dapat meningkatkan kompetensi Guru-guru dalam menyusun RPP. Hal itu dapat dibuktikan dari hasil observasi /pengamatan yang memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan kompetensi Guru-guru dalam menyusun RPP dari siklus ke siklus . Pada siklus I nilai rata-rata komponen RPP 69% dan pada siklus II 83%. Jadi, terjadi peningkatan 14% dari siklus I.