UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI TEOREMA PHYTAGORAS DENGAN METODE INKUIRI DALAM PERMAINAN TIM PADA SISWA KELAS VIII-2 SMP NEGERI 154 JAKARTA SELATAN

Abstract

Belajar sambil beraktifitas akan lebih banyak mendatangkan hasil belajar bagi anak didik, sebab kesan yang didapatkan oleh anak didik akan lebih tahan lama tersimpan didalam benak anak didik tersebut. Didalam belajar selain beraktifitas juga memerlukan motivasi belajar, Berdasarkan Hasil Pengamatan Dalam Pembelajaran Matematika di SMP Negeri 154 Jakarta Selatan diperoleh data bahwa kegiatan pembelajaran masih banyak di dominasi Guru, sehingga siswa kurang aktif dalam belajar, hal ini ditandai dengan banyak siswa kurang mendengar dan mencatat saja. Disamping itu, metode yang digunakan dalam pembelajaran adalah metode ceramah saja, dimana informasi atau konsep-konsep yang dipelajari diberitahukan atau disajikan hanya dengan menggunakan metode ceramah saja. Sisi lainnya adalah bahwa dalam proses pembelajaran guru kurang memberikan pujian atau dorongan kepada siswa dan proses pembelajaran menitik beratkan pada pengerjaan lembar kerja siswa (LKS). Dari hasil evaluasi proses pembelajaran tersebut ternyata belum memberikan dampak yang baik terhadap peningkatan aktifitas belajar siswa. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran yang dilakukan masih menggunakan metode / model belajar yang membosankan dan kurang menarik perhatian siswa sehingga siswa kurang termotivasi dalam belajar. Sehubungan dengan permasalahan tersebut maka perlu dicari solusinya yaitu dengan melakukan perbaikan-perbaikan dalam tindakan dikelas sebagai upaya meningkatkan aktifitas belajar siswa dan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajran matematika. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui apakah tehnik pemberian motivasi dalam pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalm pembelajaran matematika di SMP Negeri 154 Jakarta Selatan. prosedur yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) prosedur penelitian ini akan dilakukan melalui tiga siklus, setiap siklus dilakukan selama 2x40 menit yang terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah 72,00% siswa aktif mengikuti proses pembelajaran 80,00% kinerja guru dalam rencana pembelajaran 73,33% kinerja guru dalam pemberian motivasi dan 77,50% tes hasil belajar siswa