UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN MENERAPKAN MODEL PENGAJARAN KOLABORASI PADA SISWA KELAS VI SDN HALIM 01

Abstract

Di era globalisasi yang sedang berlangsung dewasa ini, Indonesia menghadapi berbagai tantangan. Tantangan tersebut antara lain persaingan ketat dalam perdangan internasional sebagai konsekuensi pasar bebas di kawasan ASEAN dan Asia Pasifik. Belajar adalah proses penambahan pengetahun. Konsep ini muncul pada pengertian paling awal. Namum pandangan ini, ternyata masih berlaku bagi sebagian orang di negeri ini. Dengan pijakan konsep ini, belajar seolah-olah hanya penjejalan ilmu pengetahun kepada siswa. Berangkat dari latar belakang permasalahan tersebut di atas, maka dalam penyusunan karya ilmiah ini penulis mengambil judul Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Dengan Menerapan Model Pengajaran Kolaborasi Pada Siswa-Siswi Kelas VI SDN Halim 01  Jakarta Timur Tahun Pelajaran 2017-2018. Bertitik tolak dari latar belakang diatas maka penulis merumuskan permasalahnnya sebagi berikut: Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar Bahasa Indonesia dengan diterapkannya model pengajaran kolaborasi pada siswa Kelas VI SDN Halim 01  Jakarta Timur Tahun Pelajaran 2017-2018? Bagaimanakah pengaruh model pengajaran kolaborasi terhadap motivasi belajar Bahasa Indonesia pada siswa Kelas VI SDN Halim 01  Jakarta Timur Tahun Pelajaran 2017-2018? Penelitian ini hanya dikenakan pada siswa Kelas VI SDN Halim 01  Jakarta Timur tahun pelajaran 2017-2018. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret semester genap tahun pelajaran 2017-2018. Materi yang disampaikan adalah pokok bahasan menceritakan peristiwa yang dilihat atau dialami. Dari penelitian ini diharapkan adanya peningkatan proses kegiatan belajar mengajar dan peningkatan prestasi belajar bahasa Indoensia khususnya pada pokok bahasan menceritakan peristiwa yang dilihat atau dialami siswa Kelas VI SDN Halim 01  Jakarta Timur tahun pelajaran 2017-2018