UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN DIRI SISWA MATERI PERILAKU PERCAYA DIRI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN METODE CERAMAH SISWA KELAS III SD NEGERI TEBET TIMUR 03. JAKARTA SELATAN
Abstract
Data di kelas III SD Negeri Tebet Timur 03, Tebet Jakarta Selatan menunjukkan bahwa di sebanyak 73,3% siswa di kelas pasif di dalam kegiatan belajar mengajar. Penulis mengindikasikan bahwa mereka kurang percaya diri. Hal tersebut terlihat saat diminta menjadi ketua kelompok dalam pembelajaran sebelumnya mereka saling tunjuk dan tidak mau menjadi ketua. Namun, dalam materi kelas III ini terdapat materi perilaku terpuji, di mana di dalamnya adalah termasuk perilaku percaya diri. Karena itu, penulis merasa perlu mengembangkan pengalaman yang dilakukan siswa sehari-hari dengan memberikan contoh melalui metode ceramah untuk meningkatkan pemahaman siswa Pelaksanaan penelitian tindakan kelas di mulai tanggal 7 Januari 2013 hingga 7 Maret 2013 dan dilakukan tiap hari Kamis dan penelitian ini berjalan selama lima kali pertemuan. Pertemuan pertama peneliti menggunakan metode jigsaw lierning selama satu jam pertama tetapi tidak memenuhi hasil yang memuaskan dan kelas tidak kondusif akhirnya pada jam kedua peneliti menggunakan metode ceramah atas pengalaman pribadi. Dan pertemuan pertama ini tidak begitu memuaskan dengan hasil PMB yang dilaksanakan. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa saat meninjau nilai tugas maka, sebanyak 93,2% siswa berhasil menjalankan tugas yang diberikan oleh guru, namun sebanyak 6,8% siswa masih gagal dalam mengerjakan tugas. Saat meninjau nilai LKS maka, sebanyak 83,3% siswa telah berhasil dalam mengerjakan LKS dengan bimbingan metode ceramah atas pengalaman pribadi. Sementara itu sebanyak 13,7% siswa masih belum berhasil. Saat meninjau nilai ulangan maka, sebanyak 86,7% siswa sudah di atas KKM atau di atas nilai 65. Hasil ini menunjukkan suatu kemajuan dalam peneltian tindakan kelas ini. Sementara 13,3% siswa masih belum tuntas dan cenderung pasif.