METODE PEMBERIAN TUGAS BERBASIS IT UNTUK MENINGKATKAN SISWA LEBIH AKTIF DAN BERWAWASAN DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI MENTENG DALAM 11

Abstract

Prestasi belajar  merupakan dua kata yang saling berkaitan akan tetapi mempunyai makna yang berbeda  yaitu dari kata prestasi dan belajar. Prestasi adalah hasil  yang  telah dicapai. Sedangkan belajar adalah usaha untuk membentuk hubungan antara perangsang dan reaksi. Dari sinilah penulis merasa terdorong  untuk membahas dan mengadakan penelitian terhadap  masalah, efektifitas  penerapan metode pemberian tugas rumah berbasis bantuan IT . Metode pemberian tugas rumah berbasis bantuan IT    mempunyai pengertian “cara atau jalan yang tepat dan cocok untuk mengerjakan sesuatu yang efektif dan efisien  untuk mencari jawaban atas tugas dengan sumber media IT  di rumah, dan dengan hal demikian maka siswa akan mulai sejak dini diperkenalkan dengan IT  dan teknologi. Setelah mengadakan tindakan yang kedua dengan cara peneliti memberikan evalusai pembelajaran dengan menggunakan metode pemberian tugas rumah berbasis bantuan IT  meningkat menjadi 73,80 serta melanjutkan kepada tindakan yang ke III berupa metode ceramah dan memberikan hasil evaluasi.  Dalam penyajian bahan pelajaran perlu diberikan pengertian agar siswa memahami cara-cara, konsep-konsep, sifat-sifat, dan sebagainya yang diperlukan untuk mengerjakan soal-soal yang akan dicari di IT  yang diberikan,  mengalami kenaikan rata-rata menjadi 83,37