PROGRAM BIMBINGAN BELAJAR BELAJAR UNTUK MENGEMBANGKAN KRETIFITAS SISWA KELAS X-5 SMA NEGERI 83 JAKARTA

Abstract

Dalam kenyataannya peneliti sebagai kepala sekolah masih merasakan kurang akan kinerja dari guru dalam menyusun Program Bimbingan Belajar. Guru di SMA Negeri 83 Jakarta Timur cenderung belum menemukan pola baku dalam menyusun Program Bimbingan Belajar/ Padahal Program Bimbingan Belajar adalah satuan perangkat pengajaran yang wajib dikuasai oleh guru guna merencanakan pola dan proses pengajaran yang sistemik. Oleh karena itu kepala sekolah sekaligus peneliti menginginkan suatu terobosan dengan memberikan Bimbingan Belajar secara berkelanjutan kepada siswa-siswa di SMA Negeri 83 Jakarta Timur, di mana nantinya akan menghasilkan (output) mampu berkreatifitas sesuai Program Bimbingan Belajar dengan baik dan benar. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa Bimbingan Belajar berkelanjutan  dapat meningkatkan motivasi guru dalam menyusun Program Bimbingan Belajar dengan lengkap. Guru menunjukkan keseriusan dalam memahami dan menyusun Program Bimbingan Belajar apalagi setelah mendapatkan Bimbingan Belajar pengembangan/penyus unan Program Bimbingan Belajar dari peneliti. Informasi ini peneliti peroleh dari hasil pengamatan pada saat mengadakan wawancara dan Bimbingan Belajar pengembangan/penyusunan Program Bimbingan Belajar kepada para guru. Selanjutnya adalah menunjukkan bahwa Bimbingan Belajar berkelanjutan dapat meningkatkan Kreatifitas. Hal itu dapat dibuktikan  dari hasil observasi /pengamatan yang memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan  Kreatifitas  siswa dari siklus ke siklus . Pada siklus I nilai rata-rata komponen Kreatifitas 69% dan pada siklus II 83%. Jadi, terjadi peningkatan 14% dari siklus I