UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEKNIK PEMBENTUKAN DAN PERAKITAN FABRIKASI LOGAM MELALUI PEMBELAJARAN STAD PADA SISWA KELAS XII SMK NEGERI 58 JAKARTA TIMUR
Abstract
Laporan Penelitian Tindakan Kelas masalah didalam penelitian dirumuskan sebagai ”Apakah penerapan Pembelajaran Kooperatif model STAD dapat meningkatkan hasil belajar Teknik Pembentukan dan Perakitan Fabrikasi Logam siswa kelas Kelas XII SMK Negeri 58 Jakarta ?” Tujuan penelitian ini untuk membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan prestasi belajar Teknik Pembentukan dan Perakitan Fabrikasi Logam pada siswa kelas XII SMK Negeri 58 Jakarta, Tahun 2016-2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan menggunakan langkah-langkah menyusun rencana dan mengadakan refleksi. Teknik sampling penelitian ini adalah studi populasi dengan alasan bahwa semua populasi yang ada dijadikan sample tanpa menyeleksi infomasi, sebagai sample adalah siswa kelas XII SMK Negeri 58 Jakarta, Tahun Pelajaran 2016-2017 yang berjumlah 20 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan pendekatan pembelajaran STAD hasil belajar siswa setiap siklusnya mengalami perubahan Antara siklus I dan II tidak seperti perkembangan pada siklus ini begitu menggembirakan baik dalam evaluasi maupun dari hasil pengamatan terbukti untuk rata-rata prestasi kelas hasil evaluasi dari 63 menjadi 70 sedangkan dari hasil pengamatan rata-rata dari 62 menjadi 69 ( afektif ) dan dari 63,5 menjadi 69 (psikomotor) sedangkan aspek –aspek penampilan guru dari 77,8 % cukup menjadi 89,8 % baik , dari 25% siswa yang tuntas belajar menjadi 75%. Meningkatkan prestasi belajar Teknik Pembentukan dan Perakitan Fabrikasi Logam dalampenggunaan model pembelajaran STAD untuk meningkatkan ke aktifan pembelajaran Teknik Pembentukan dan Perakitan Fabrikasi Logam pada siswa kelas XII SMK Negeri 58 Jakarta.