UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BILANGAN BULAT MELALUI METODE KERJA KELOMPOK BAGI SISWA KELAS VII-2 SMP NEGERI 12 JAKARTA SELATAN

Abstract

Dalam proses pembelajaran matematika di SMP Negeri 12 Jakarta Selatan ditemukan permasalahan rendahnya prestasi belajar matematika siswa kelas VII-2 pada materi Bilangan Bulat. Untuk itu dilakukan Penelitian Tindakan Kelas menggunakan metode kerja kelompok dengan tiga siklus yaitu siklus I dan siklus II. Rumusan masalah yang diajukan adalah: “Apakah metode kerja kelompok dapat meningkatkan prestasi belajar matematika pada pemahaman konsep Bilangan Bulat siswa kelas VII-2 SMP Negeri 12 Jakarta Selatan Semester-1 Tahun Pelajaran 2014- 2015?” Setting penelitian ini adalah di SMP Negeri 235 Jakarta Selatan kelas VII- 2 semester-1 Tahun Pelajaran 2014-2015 dengan jumlah siswa 32 anak. Data penelitian yang dikumpulkan berupa informasi tentang prestasi belajar siswa dalam pelajaran matematika pada konsep Bilangan Bulat, serta kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran. Alat Pengumpul Data berupa : lembar observasi; pedoman wawancara dan daftar nilai siswa. Proses untuk meningkatkan pemahaman terhadap materi Bilangan Bulat pada pelajaran matematika yang diterapkan pada siswa dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara divalidasi datanya melalui Triangulasi Data. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif komparatif dan teknik analisis kritis.  Prsedur penelitian dilakukan dengan prosedur Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan perbaikan pembelajaran dua siklus. Kriteria Ketuntasan Minimal adalah 60. pembelajaran dikatakan berhasil apabila 85% siswa memenuhi KKM.