UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG PENGURANGAN MELALUI PENGGUNAAN KARTU BERGAMBAR

Abstract

Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang diajarkan mulai dari tingkat Sekolah Dasar sampai Perguruan Tinggi, penggunaan matematika tidak terlepas dalam kehidupan sehari-hari, oleh karena itulah konsep-konsep dasar matematika harus dikuasai siswa sejak dini, yang akhirnya terampil dan dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Pengurangan adalah salah satu operasi hitung yang mulai diajarkan di kelas 1 (satu) Sekolah Dasar. Biasanya guru menjelaskan konsep pengurangan terpisah dengan masalah sehari-hari, sehingga sulit diterima siswa. Hal tersebut menyebabkan pembelajaran tidak bermakna, padahal operasi pengurangan harus sudah dikuasai oleh siswa untuk melanjutkan ke pembelajaran selanjutnya. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk melihat apakah hasil belajar matematika siswa kelas I Sekolah Dasar dalam menyelesaikan soal pengurangan meningkat bila menggunakan permainan kartu bergambar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas I SDN Utan Kayu Selatan 16 Pagi, Jakarta dengan jumlah siswa 39 orang. Sementara observer dalam penelitian ini adalah 2 orang guru kelas, yang akan membantu melakukan pengamatan selama peneliti melaksanakan pembelajaran dengan penggunaan kartu bergambar. Hasil penelitian ini adalah bahwa kualitas dan kuantitas pembelajaran dapat diukur melalui format pengamatan proses belajar mengajar, sedangkan nilai keberhasilan dari siswa adalah nilai hasil belajar atau post test. Pengefektifan alat bantu kartu bergambar sangat diperlukan dalam menanamkan konsep pengurangan di kelas satu SD, sehingga memudahkan siswa untuk dapat menyelesaikan permasalahan pengurangan di kelas-kelas berikutnya maupun pada pembelajaran selanjutnya. Dengan menggunakan alat bantu kartu bergambar dalam penanaman konsep pengurangan, siswa dapat memahami dengan benar nilai angka suatu bilangan sehingga mengerti arti pengurangan dan dapat melakukan pengurangan dengan benar. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa PTK adalah suatu cara yang tepat untuk mengetahui secara langsung kekurangan baik dari siswa maupun dari guru yang mengajar. Keberhasilan ditunjukkan dengan adanya kemajuan yang bermakna dari siklus I sampai siklus ke III atau yang terkahir