PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR IPA TENTANG ENERGI DAN PERUBAHANNYA MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DI KELAS II SDN KEBON MANGGIS 01 PAGI
Abstract
Pendidikan merupakan salah satu program pemerintah dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Salah satu komponen dari pendidikan adalah pembelajaran adalah pembelajaran di sekolah, yang meliputi beberapa bidang studi atau mata pelajaran yang sudah diajarkan sejak siswa menduduki bangku sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Salah satu mata pelajaran yang telah diajarkan sejak di bangku sekolah dasar adalah Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Berdasarkan permasalahan di atas dilakukan penelitian tindakan kelas untuk mengetahui apakah dengan menggunakan metode keterampilan proses dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA di SD Negeri Kebon Manggis 01 Pagi. Berdasarkan latar belakang di atas, dapat diidentifikasi area sebagai berikut: • Apakah IPA masih dianggap pelajaran yang sulit dan pelajaran yang dianggap tidak menyenangkan? • Mengapa Motivasi belajar IPA siswa rendah? • Mengapan siswa kurang aktif dalam proses belajar mengajar mata pelajaran IPA? • Bagaimana peran guru dalam memberikan motivasi belajar kepada siswanya? • Bagaimana penerapan pendekatan keterampilan proses di kelas?. Dari identifikasi area penelitian, maka didapatkan fokus penelitian sebagai berikut:“Apakah metode keterampilan proses dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di SDN Kebon Manggis 01 Pagi?” Berdasarkan pembatasan masalah sebagaimana telah diuraikan di atas, maka perumusan masalah yang akan dicari pemecahannya melalui penelitian tindakan ini adalah: “Bagaimana meningkatkan motivasi belajar siswa dalam melalui metode keterampilan proses pada pelajaran IPA di kelas II SDN Kebon Manggis 01 Pagi