STRATEGI EVALUASI DINI ATAS HASIL BELAJAR SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KESIAPAN SISWA MENGHADAPI UJIAN NASIONAL 2014 DI SMP 204 JAKARTA

Abstract

Berdasarkan Hasil Pengamatan Dalam Pembelajaran Bimbingan Konseling di SMP N 204 pada Semester ganjil Tahun 2013/2014 diperoleh data sebagai berikut, di mana siswa belum siap dalam menghadapi Ujian Nasional karena (1) Kegiatan pembelajaran masih banyak didominasi Guru, sehingga siswa kurang aktif dalam belajar, hal ini ditandai dengan banyak siswa kurang mendengar dan mencatat saja.(2) Metode yang digunakan dalam pembelajaran adalah metode ceramah saja, dimana informasi atau konsep-konsep yang dipelajari diberitahukan atau disajikan hanya dengan menggunakan metode ceramah saja. (3) Dalam proses pembelajaran Guru kurang memberikan pujian atau dorongan kepada siswa. (4) Proses pembelajaran menitik beratkan pada pengerjaan lembar kerja siswa (LKS). Prosedur yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) prosedur penelitian ini akan dilakukan melalui tiga siklus, setiap siklus dilakukan selama 2 x 35 menit yang terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah 72,00% siswa aktif mengikuti proses pembelajaran 80,00% kinerja guru dalam rencana pembelajaran 73,33% kinerja guru dalam pemberian motivasi dan 77,50% tes hasil belajar siswa. Dengan demikian maka siswa dianggap mampu dan siap mengahdapi Ujian Nasional