UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 130 JAKARTA
Abstract
Pembelajaran PKn merupakan pelajaran yang mempunyai peran sangat penting dalam pembentukan nilai-nilai siswa di masa yang akan dating. Melalui mata pelajaran PKn, siswa diharapkan mempunyai mental yang kuat, sehingga dapat mengatasi segala permasalahan dan persoalan yang akan di hadapi Namun, penggunaan metode klasik pada pembelajaran PKn yang mana guru terlalu menekankan pada ceramah dan memberikan pengetahuan kepada siswa yang pasif menjadikan PKn sebagai pelajaran yang monotong dan kurang menarik perhatian siswa. Akhirnya, siswa tidak memahami secara utuh mata pelajaran PKn dan hanya bisa menghafal dan tidak bisa berfikir secara cerdas serta kreatif. Akibatnya, nilai akhir yang dicapai siswa tidak seperti yang diharapkan. Penelitian ini berdasarkan permasalahan: a) apakah pembelajaran menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran PKn di SMPN 130 Jakarta Barat, b) bagaimana pembelajaran menggunkan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil pemahaman siswa pada mata pelajara PKn di SMPN 130 Jakarta Barat? Sedang tujun dari penelitian ini adalah: a) ingin mengetahui peningkatan pemahaman siswa setelah diterapkanya metode pembelajaran koopertaif tipe STAD. Penelitian ini mengguanakan penelitan tindkan (action research) sebanyak tiga siklus, dan kesimpulan dari penelitian ini adalah metode kooperatif tipe STAD dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar dan peningkatan pemahaman siswa di kelas VIII, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran PKN