MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SAIS FISIKA MELALUI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING SMP 139 JAKARTA

Abstract

Untuk memperoleh hasil belajar biologi yang memuaskan bagi siswa, maka guru dalam proses pembelajaran perlu memperhatikan variasi metode pembelajaran perlu memperhatikan variasi metode pembelajaran. Guru diharapkan dapat berbagi pengetahuan serta pengalaman kepada para muridnya, yaitu mulai sebagai tempat untuk bertanya, pengayom, pembimbing dan fasilitator dalam belajar. Dari hasil wawancara dengan siswa kelas VII pada semester II tahun pelajaran 2010-2011, didapat 65% siswa yang ada di kelas tertarik untuk belajar IPA dengan memvariasikan penggunaan LKS, sedang 35% siswa lebih menyukai belajar dengan sistem diskusi informasi dengan guru yang lebih banyak memberikan informasi materi yang diajarkan. Jadi dominasi guru pada proses pembelajaran yang berlangsung masih terlalu kuat. Berdasarkan latar belakang permasalahan di atas, maka dapat diidentifikasikan masalah sebagai berikut : • Apakah dengan menggunakan LKS secara bervariasi dapat meningkatkan Hasil belajar siswa ? • Apakah Hasil belajar dapat ditingkatkan melalui penggunaan LKS ? • Apakah pengembangan penggunaan LKS dapat meningkatkan Hasil belajar siswa ? • Manakah yang lebih efektif dalam meningkatkan Hasil belajar siswa, pembelajaran menggunakan LKS ataukah tidak ? • Apakah Hasil belajar dapat ditingkatkan melalui pengembangan penggunaan LKS? Penelitian ini dibatasi pada permasalahan apakah pengembangan penggunaan LKS dapat meningkatkan Hasil belajar siswa? Masalah dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut “Bagaimana pengembangan penggunaan LKS dapat meningkatkan Hasil belajar siswa?”