MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA MATA PELAJARAN MELAKUKAN PROSEDUR ADMINISTRASI

Abstract

Pada SMK Negeri 31 Jakarta Pusat mata pelajaran yang diberikan kepada siswa merupakan mata pelajaran yang terdiri dari berbagai cabang ilmu pengetahuan. Bidang ilmu pengetahuan tersebut dikelompokkan menjadi beberapa macam, yaitu  Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Agama, Pendidikan Jasmani, Seni Budaya dan Mata Pelajaran Khusus Kejuruan yang disesuaikan dengan jurusan masing-masing kelas. Selain melakukan pengamatan awal secara pribadi, peneliti juga memberikan lembar observasi awal kepada siswa sebagai data awal penelitian untuk memperkuat pendapat peneliti mengenai pengamatan awal yang peneliti lakukan pada siswa dalam mata pelajaran Melakukan Prosedur Administrasi, sebagai bukti nyata dan juga penghitungan pendapat siswa untuk mengawali jalannya penelitian lebih lanjut. Quantum teaching memiliki banyak manfaat. Tidak hanya terbukti meningkatkan  motivasi siswa, penggunaan model pembelajaran Quantum teaching dalam pembelajaran juga terbukti dapat meningkatkan nilai belajar, meningkatkan rasa percaya diri siswa, meningkatkan harga diri dan membuat siswa dapat menggunakan keterampilan yang telah didapat dari proses belajar mengajar