PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT BERBANTU LCD

Abstract

Pembelajaran merupakan perencanaan atau perancangan sebagai upaya untuk membelajarkan siswa. Melalui proses ini siswa tidak hanya berinteraksi dengan guru. Namun, siswa juga berinteraksi dengan keseluruhan sumber belajar yang digunakan untuk mencapai tujuan belajar yang diinginkan (Uno, 2006). Siswa akan belajar secara optimal jika kondisi pembelajaran di kelas dapat tercipta secara kondusif. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara awal guru (Lampiran2, halaman 84) diperoleh informasi bahwa hasil belajar siswa kelas VIII 1 di SMP N 16 Jakarta sekitar 50%nya masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (65) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 56. selain itu, kegiatan pembelajaran Biologi masih menemui beberapa kendala. Hal ini diketahui dari angket (Lampiran 1, halaman 82) yang dibagikan ke 50 siswa. Lima puluh empat persen siswa mengatakan bahwa selama ini cara penyajian guru dalam menyampaikan materi masih kurang jelas. Guru Biologi di SMP N 16 Jakarta mengatakan bahwa pendapat siswa tersebut disebabkan karena selama ini guru belum pernah memanfaatkan media pembelajaran yang tersedia di sekolah