UPAYA MENINGKATKAN PRODUK TEKNIK UKIR MATA PELAJARAN PENGELASAN DAN PEMBUBUTAN LOGAM MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD SISWA KELAS XI SMK NEGERI 58 JAKARTA TIMUR

Abstract

Pada siklus I, penguasaan peserta didik hanya mencapai nilai rata-rata kelas hanya 61,72. Pada proses perbaikan siklus II mengalami peningkatan sebesar dengan rata-rata kelas 67,50. Pada tahap berikutnya yakni siklus III, peningkatan pemahaman peserta didik mengalami peningkatan yang cukup baik yakni dengan rata-rata kelas 78,75. Hasil perbaikan pada pembelajaran Pembuatan Produk dengan Teknik Ukir, banyak peserta didik terlibat aktif dalam pembelajaran serta lebih memahami pembelajaran dengan diadakannya metode pembelajaran kooperatif model STAD dalam pembelajaran. Temuan siklus III, tingkat penguasaan peserta didik lebih meningkat, karena peneliti memadukan metode pembelajaran kooperatif model STAD. Hal ini disesuaikan dengan tingkat kemampuan berfikir peserta didik yang ada pada tahap operasional konkrit. Perpaduan antara metode pembelajaran kooperatif model STAD ini dapat lebih memudahkan peserta didik untuk memahami pelajaran, karena selain menjawab pertanyaan, peserta didikpun diberi kesempatan untuk mendemonstrasikan jawabannya di depan kelas. Paduan metode pembelajaran kooperatif model STAD dapat melatih peserta didik terampil menjawab, menjelaskan, dan mengeluarkan pendapatnya