Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Materi Memahami Biologi Sebagai Ilmu Melalui Metode Implementasi Kerja Kelompok Bagi Siswa Kelas X-6 Sma Negeri 93 Jakarta Timur Semester-2 Tahun Pelajaran 2012-2013

Abstract

Strategi belajar kelompok yang dikembangkan saat ini adalah mengacu pada bidang studi yang masuk UN dan yang dianggap sulit bagi pandangan siswa. Salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit dan masuk dalam UN adalah mata pelajaran biologi. Biologi merupakan salah satu pelajaran yang kurang mendapatkan tempat dihati siswa Kelas X-6 SMA Negeri 93 Jakarta Timur, karena mata pelajaran biologi dianggap sulit dan kurang menarik, sehingga membawa dampak terhadap rendahnya hasil belajar siswa Kelas X-6. Kegiatan belajar kelompok di SMA Negeri 93 Jakarta Timur belum dikembangkan dan dibina secara sehingga hanya bersifat sukarela dan belum dilakukan evaluasi terhadap perkembangan dari belajar optimal, pengawasan serta kelompok tersebut.       Adapun tujuan dari penelitian ini adalah a) Untuk mengetahui tentang strategi belajar kelompok yang diterapkan pada siswa Kelas X-6 SMA Negeri 93 Jakarta Timur dalam belajar biologi. b) Untuk mengetahui apakah belajar kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas X-6 SMA Negeri 93 Jakarta Timur dalam belajar biologi. c) Untuk mengetahui kontribusi belajar kelompok terhadap hasil belajar siswa Kelas X-6 SMA Negeri 93 Jakarta Timur dalam belajar biologi.       Hasil penelitian ini adalah bahwa belajar kelompok memberikan masukan yang beragam dari sudut pandang yang berbeda antara anggota kelompok, sehingga siswa diajarkan untuk bisa saling berdiskusi dan mengutarakan pendapatnya. Dengan melalui diskusi dalam mengerjakan soal dan memecahkan masalah Biologi yang dihadapinya, maka siswa diajarkan untuk musyawarah. Terbukti dengan belajar kelompok, siswa Kelas X-6 mampu meningkatkan hasil belajarnya.