Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Model Think - Pair - Share Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV SDN Bambu Apus 02 Pagi

Abstract

Pembelajaran yang baik dan efektif adalah pembelajaran yang mampu memberikan kemudahan belajar kepada peserta didik secara adil dan merata sehingga mereka dapat mengembangkan potensinya secara optimal. Pembelajaran merupakan suatu proses yang komplek dan melibatkan berbagai aspek yang saling berkaitan. Terdapat beberapa pendekatan dari model pembelajaran  kooperatif, yaitu: Student Team  Achievement   Division   (STAD),   Jigsaw,   Investigasi Kelompok   (IK),   Numbered-Head-Together (NHT), dan  Think-Pair-Share (TPS). Pembelajaran kooperatif melatih siswa untuk saling membantu antar anggota dalam memahami pelajaran ataupun dalam menyelesaikan tugas belajar. Siswa yang lemah akan mendapat bantuan dari temannya yang lebih pandai. Hipotesis Adapun hipotesis  dalam  penelitian  ini  adalah  jika  straregi  kooperatif model  think-pair-share   diterapkan  dalam  pembelajaran  matematika  maka dapat meningkatkan motivasi belajar pada siswa kelas IV SDN Bambu Apus 02 Pagi, Jakarta. Adapun ruang lingkup penelitian meliputi siswa. Yang dimaksud siswa disini adalah khusus siswa kelas IV SDN Bambu Apus 02 Pagi, Jakarta,  karena  dalam  kelas  IV  siswanya  sangat  heterogen  dan  motivasi belajar Matematika siswa masih kurang. Model think–pair–share ini mempunyai  3  tahap, yaitu  think (berfikir) yaitu   guru   memberikan pertanyaan yang berhubungan dengan pelajaran, kemudian siswa diminta untuk memikirkan pertanyaan tersebut secara mandiri untuk beberapa saat, kemudian  Pair  (berpasangan)  yaitu  guru  meminta  siswa  untuk berpasangan  dengan  siswa  lain  untuk  mendiskusikan  apa  yang  telah mereka  pikirkan  pada  tahap  pertama  dan  yang  terakhir  adalah  Share (berbagi) yaitu guru meminta beberapa pasang siswa untuk berbagi hasil diskusi masing-masing kepada seluruh kelas.