PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI BAGI EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS POKOK BAHASAN TO GET THINGS DONE SISWA KELAS VII SEMESTER I SMPN 245 SSN JAKARTA TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Abstract
Harus kita akui bahwa faktor guru merupakan kunci keberhasilan usaha-usaha peningkatan mutu pendidikan, betapapun faktor-faktor lainnya itu dapat kita sediakan sebagaimana mestinya. Usaha-usaha yang dilakukan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan membawa akibat terhadap guru-guru yang ada sekarang. Perubahan-perubahan yang menjadi akibat pembaharuan kurikulum, penggunaan buku pelajaran baru, alat pelajaran baru dan proses belajar mengajar baru yang disarankan dalam kurikulum baru itu memerlukan penyesuaian-penyesuain terhadap guru-guru yang ada sekarang, baik dalam hal materi pengajaran, metode dan teknik mengajar, maupun sikap mengajaranya yang serasi. Penelitian ini berdasarkan permasalahan (a)Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar mata pelajaran bahasa Inggris dengan diterapkannya strategi pembelajaran metode demontrasi? (b) Bagaimanakah pengaruh strategi pembelajaran metode demontrasi terhadap motivasi belajar mata pelajaran bahasa Inggris? Penelitian ini menggunakan tindakan (Action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu : rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VII tahun pelajaran 2011/2012. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar Simpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran metode demontrasi dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa kelas VII, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran mata pelajaran bahasa Inggris