Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Teknik Pembentukan dan Perakitan Fabrikasi Logam Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Model STAD (Student Teams Achievement Division) Pada Siswa Kelas XII TFL 2 SMK Negeri 58 Jakarta

Abstract

Kegiatan belajar bersama dapat membantu memacu belajar aktif. Kegiatan belajar dan mengajar di kelas memang dapat menstimulasi belajar aktif, namun kemampuan untuk mengajar melalui kegiatan kerjasama kelompok kecil akan memungkinkan untuk menggalakkan kegiatan belajar aktif dengan cara khusus. Apa yang didiskusikan siswa dengan teman-temannya dan apa yang diajarkan siswa kepada teman-temannya memungkinkan mereka untuk memperoleh pemahaman dan penguasaan materi pelajaran. Penelitian ini berdasarkan permasalahan : (a) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar Teknik Pembentukan dan Perakitan Fabrikasi Logam dengan diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model STAD Pada Siswa Kelas XII TFL 2 SMK Negeri 58 Jakarta Timur? (b) Bagaimanakah pengaruh metode pembelajaran kooperatif model STAD terhadap motivasi belajar Teknik Pembentukan dan Perakitan Fabrikasi Logam Pada Siswa Kelas XII TFL 2 SMK Negeri 58 Jakarta Timur?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Mengetahui peningkatan prestasi belajar Teknik Pembentukan dan Perakitan Fabrikasi Logam setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif model STAD Pada Siswa Kelas XII TFL 2  SMK Negeri 58 Jakarta Timur, tahun pelajaran 2015-2016. (b) Mengetahui pengaruh motivasi belajar Teknik Pembentukan dan Perakitan Fabrikasi Logam setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif model STAD Pada Siswa Kelas XII TFL 2 SMK Negeri 58 Jakarta Timur, tahun pelajaran 2015-2016. (c) Memberikan gambaran tentang metode pembelajaran yang tepat dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa dan menjadikan siswa menjadi aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran . setiap putaran terdiri dari empat tahap, yaitu : rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas  XII TFL 2  SMK Negeri 58 Jakarta tahun pelajaran  2015-2016. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III, yaitu siklus I (63,17%), siklus II (74,50%), siklus III (83,83%). Simpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran kooperatif dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar siswa kelas XII SMK Negeri 58 Jakarta serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran.