Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Tentang Himpunan Dengan Strategi Tanya Jawab Pada Siswa Kelas VII-4 SMP Negeri 3 Jakarta Selatan

Abstract

Kebiasaan menyederhanakan bilangan matematika ke dalam notasi himpunan pada siswa kelas VII-4 memang perlu ditanamkan, salah satunya adalah melalui pelajaran matematika. Di kelas didapati bahwa siswa yang mampu memahami kebiasaan menyederhanakan bilangan matematika ke dalam notasi himpunan masih sedikit. Setidaknya dalam materi ini hanya terdapat beberapa siswa yang paham dan mengaplikasinya. Hal ini terbukti dengan rendahnya kemampuan siswa dalam menjawab soal, dimana  sebagian besar siswa memperoleh nilai 65 ke bawah. Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk siklus, yaitu terdiri dari 2 siklus pembelajaran dan pada setiap siklus diakhiri dengan tes untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil penelitian yang terjadi di siklus 2 menunjukkan adanya aktivitas yang  menonjol  tampak pada aspek responsif dalam pembelajaran konsep himpunan yang pada siklus 1 sebesar 41,18% meningkat menjadi 79,41% sehingga terjadi peningkatan sejumlah 38,23%. Kemudian aspek yang menonjol berikutnya adalah motivasi menjawab pertanyaan dibandingkan siklus sebelumnya sebesar 32,35% naik menjadi 73,53 atau mengalami peningkatan 43%. Untuk ketepatan menjawab soal-soal secara klasikal juga mengalami peningkatan yang signifikan di mana di siklus 1 hanya sampai 44,12% di siklus 2 mencapai 76,47% atau mengalami peningkatan sebesar 32,35%. Untuk implementasi aspek cara bergaul di sekolah juga mengalami peningkatan, di mana di siklus 1 hanya sebesar 38,23% naik menjadi 70,59% atau meningkat sebanyak 32,36%. Peningkatan ini dicapai, karena melalui pembelajaran melalui penerapan metode tanya jawab siswa merasa senang, termotivasi, sehingga mengalami peningkatan, terutama keadaan akhlaknya.