UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PJOK MATERI PERMAINAN BOLA BESAR FUTSAL DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN DRILL PADA SISWA KELAS XII-DPKT-2 SMK NEGERI 58 JAKARTA TIMUR
Abstract
Berdasarkan rumusan masalah: Bagaimana meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada materi futsal dengan menggunakan pendekatan pembelajaran driil pada kelas XII-DPKT-2 SMK Negeri 58 Jakarta Timur?. Memiliki tujuan penelitian : (1) Mendeskripsikan pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan materi futsal yang menggunakan pendekatan pembelajaran driil dalam pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik. (2) Menganalisis dampak penggunaan pendekatan pembelajaran driil dalam pembelajaran terhadap pemahaman materi dan keaktifan peserta didik. (3) Meningkatkan keterampilan guru dalam menyusun ataupun melaksanakan pembelajaran serta perbaikan pembelajaran. Dari hasil temuan siklus I, tingkat penguasaan peserta didik meningkat 65%. Hasil ini sejalan dengan strategi mengajar yang diterapkan, yaitu dengan menggunakan metode drill. Karena dengan metode drill dapat memupuk keinginan peserta didik selama proses pembelajaran. Pembelajaran pada siklus I, belum dikatakan belum berhasil penuh karena proses interaksi antara guru dengan peserta didik masih rendah. Dari hasil temuan siklus 2, tingkat penguasaan peserta didik meningkat 72,14%. Hasil ini sejalan dengan strategi mengajar yang diterapkan, yaitu dengan menggunakan metode drill. Karena dengan metode drill dapat memupuk keinginan peserta didik selama proses pembelajaran. Temuan siklus III, tingkat penguasaan peserta didik lebih meningkat, tingkat penguasaan peserta didik meningkat 80,54%, karena peneliti memadukan metode drill. Hal ini disesuaikan dengan tingkat kemampuan berfikir peserta didik yang ada pada tahap operasional konkrit. Perpaduan antara metode drill ini dapat lebih memudahkan peserta didik untuk memahami pelajaran, karena selain menjawab pertanyaan, peserta didikpun di beri kesempatan untuk mengungkapkan jawabannya di depan kelas. Paduan metode drill dapat melatih peserta didik terampil menjawab, menjelaskan, dan mengeluarkan pendapatnya