PENGGUNAAN METODE EKSPOSITORI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI KESEBANGUNAN SISWA KELAS IX-2 SMP NEGERI 154 JAKARTA SELATAN

Abstract

Pembelajaran yang baik dan berkualitas adalah pembelajaran yang menggunakan metode dengan tepat dan mampu berinteraksi disaat pembelajaran berlangsung. Salah satu pembelajaran dimaksud adalah pembelajaran dengan penerapan metode Ekspositiri. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah metode Ekspositiri pada pembelajaran materi pokok garis dan sudut dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa Kelas IX-2 Semester-1 SMP Negeri 154 Jakarta Selatan tahun pelajaran 2013-2014 dengan jumlah siswa yang dijadikan sampel sebanyak 36 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dengan masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap observasi, tahap evaluasi, dan tahap repleksi. Intrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi untuk memperoleh gambaran langsung tentang aktivitas belajar siswa melalui penerapan metode Ekspositiri dan prestasi belajar siswa Kelas IX-2 SMP Negeri 154 Jakarta Selatan materi garis dan sudut. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Ekspositiri pada pembelajaran materi pokok garis dan sudut untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa Kelas IX-2 Semester-1 SMP Negeri 154 Jakarta Selatan tahun pelajaran Ekspositiri. Hal ini terlihat dari hasil observasi aktivitas siswa dan hasil evaluasi belajar siswa yang mana dari jumlah 34 siswa yang mendapat nilaiĀ > 65 sebanyak 20 siswa