MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) SISWA TUNAGRAHITA SEDANG MENGGUNAKAN MEDIA BENDA ASLI (Penelitian Tindakan Kelas III di SDLB-C ZINNAI )
Abstract
Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Tunagrahita Sedang Menggunakan Media Benda Asli Kelas III di SDLB. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi secara jelas tentang meningkatkan kemampuan belajar IPA menggunakan media benda asli pada anak kelas III SDLC Zinnia Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober sampai bulan Desember 2013 semester I yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 8 kali pertemuan, dan pada pertemuan ke 8 diadakan pembelajaran dan evaluasi. Sebelum melakukan tindakan dilakukan tes awal pada 4 siswa tersebut, hasil yang diperoleh menunjukkan ke 4 anak belum dapat mengenal dengan baik macam-macam benda dan proses perubahannya, oleh karena itu perlu dilakukan penelitian tindakan kelas dengan kolaborator guru kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya hasil akhir dari siklus 2 terjadi peningkatan prosentase perolehan skor yang diperoleh siswa dalam mengenal macammacam benda dan proses perubahannya. Data yang diperoleh sebagai berikut: A 100 %, C 98 %, R 80 %, F 90 %. Dengan demikian penelitian ini berhasil, terlihat dari adanya peningkatan prosentase kemampuan IPA anak. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa setelah diadakan tindakan kelas menggunakan media benda asli dapat membantu kesulitan-kesulitan dalam hal meningkatkan kemampuan IPA siswa tunagrahita dengan baik. Kata Kunci :Media benda asli, hasil belajar IPA siswa tunagrahita