MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR UNTUK ANAK GANGGUAN INTELEKTUAL SEDANG KELAS I DI SLB ARRAHMAN

Abstract

Membaca adalah kegiatan yang menyangkut aktivitas fisik dan mental. Aktivitas fisik yang dilakukan dalam kegiatan membaca dapat dilihat dari penggunaan aktivitas seperti mata untuk melihat huruf atau simbol grafis yang tertulis didalam bacaan. Aktivitas mental dalam kegiatan membaca menyangkut proses berfikir untuk menafsirkan arti dari rangkaian simbol sehingga memberikan makna aktual dari pengertian yang diperoleh dari membaca Berdasarkan hasil penilaian dapat terlihat adanya peningkatan kemampuan membaca siswa dengan menggunakan media kartu kata bergambar yang dilaksanakan pada siswa kelas I SLBĀ  Arrahman, Jakarta Selatan . Hal ini dapat terlihat dari refleksi hasil tes awal, siklus I dan siklus II. Pada tes awal, prosentase masing-masing kemampuan siswa yaitu PT 48%, OP 54%, TA 45 %, AD 51 %, SW 45 %. Kemudian, dilakukan tindakan pada siklus I dengan prosentase peningkatan masing-masing siswa yaitu PT 63%, OP 54%, TA 72%, AD 48%, SW 48%. Pada siklus I belum mengalami peningkatan yang diharapkan, dilanjutkan tindakan pada siklus II yang mengalami peningkatan prosentase diperoleh masingĀ­masing siswa sebesar PT 75 %, OP 72%, TA 84%, AD 72%, SW 66 %