Madrasah Diniyah Dalam Pusaran Kebijakan Politik Pendidikan Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan dan dinamika Madrsah Diniyah dalam arus kebijakan Pendidikan Pemerintah Indonesia. Madrasan diniyah yang cukup fenomenal di tanah sebagai Lembaga Pendidikan keagamaan Islam telah banyak melahirkan kader-kader bangsa, namum keberadaan lembaganya masih jauh dari harapan masyarakat, termasuk kondisi para pengajar dan sarana prasarana pembelajaran yang kurang memadai. Refosmasi yang telah berlangsung tahunan belum juga menganggat keberadaan madrasah Diniyah menjadi Lembaga yang setara dengan Lembaga pendididkan lain dan diakui keberadaannya oleh masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, Adapun hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pendidikan Diniyah Takmiliyah dilaksanakan dari, oleh dan untuk masyarakat menjadi ciri khas pendidikan Islam yang bersifat tradisional seperti halnya pondok pesantren atau menjadi bagian dari kegiatan pondok pesantren di lingkunganya. Keberadaan lembaga pendidikan ini sebagai penyempurna dalam peningkatkatan keimanan, ketakwaan dan akhlak mulia peserta didik pada jenjang pendidikan dasar khususnya pada usia sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah (SD/MI) yang diselenggarakan dalam bentuk pendidikan Madrasah Diniyah Takmiliyah/madsarah diniyah awaliyah. Penyelenggaraan pendidikan Madrasah Diniyah ini secara fungsional maupun substansial berada di bawah pengendalian kementrian Agama dari pusat sampai daerah