Pengaruh Gaya Komunikasi Dan Keteladanan Guru Terhadap Disiplin Siswa Dalam Pendidikan Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar: (1) pengaruh dan signifikansi gaya komunikasi guru terhadap disiplin siswa dalam pendidikan Islam di SD Budi Mulia Dua Bintaro. (2)  pengaruh dan signifikansi keteladanan guru terhadap disiplin siswa dalam Pendidikan Islam di SD Budi Mulia Dua Bintaro. (3) pengaruh dan signifikansi gaya komunikasi guru dan keteladanan guru dalam pendidikan Islam di SD Budi Mulia dua Bintaro. Penelitian merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif yaitu penelitian dengan karakteristik data dinyatakan sewajarnya dan sebagaimana adanya, dengan tidak mengubah bentuk angak dan bersifat deskriptif yang didasarkan pada pertanyaan berapa besar. Teknik pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) gaya komunikasi guru memiliki pengaruh 20,2% dan signifikan terhadap kedisiplinan siswa dalam pendidikan agama Islam di SD Budi Mulia Dua Bintaro. (2) keteladanan guru memiliki pengaruh 13,5% dan signifikan terhadap kedisiplinan siswa dalam pendidikan agama Islam di SD Budi Mulia Dua Bintaro. (3) gaya komunikasi guru dan keteladanan guru secara bersama-sama memiliki pengaruh 15% dan signifikan terhadap kedisiplinan siswa dalam pendidikan Islam di SD Budi Mulia Dua Bintaro. Berdasarkan hasil tersebut maka variabel yang paling berpengaruh pada penelitian ini adalah gaya komunikasi guru