PENGARUH KOMPETENSI SOSIAL GURU DAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PERILAKU SOSIAL SISWA SMPN 154 JAKARTA
Abstract
Penelitian bertujuan untuk menguji dan mengetahui data-data empiric mengenai Pengaruh Kompetensi Sosial Guru dan Pendidikan Agama Islam, baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama (simultan) terhadap Perilaku Sosial Siswa. Hipotesis penelitian ialah (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Kompetensi Sosial Guru terhadap Perilaku Sosial Siswa (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Pendidikan Agama Islam terhadap Perilaku Sosial Siswa (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Kompetensi Sosial Guru dan Pendidikan Agama Islam Secara Simultan terhadap Perilaku Sosial Siswa. Dalam penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan korelasional yang di laksanakan di SMPN 154 Jakarta. Jenis penelitian yang digunakan ialah analisis deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis korelasi deskriptif kuantitatif. Hasil pengujian hipotesis sebagai berikut: Pertama, Terdapat Pengaruh Positif, Signifikan dan Sangat Rendah antara Kompetensi Sosial Guru terhadap Perilaku Sosial Siswa SMPN 154 Jakarta. Selanjutnya karena koefisien korelasi R product moment = 0.156 maka dapat diperoleh nilai koefisien determinasinya sebesar R2 = 0,024 yang berarti bahwa 24% variansi Perilaku Sosial Siswa dapat dipengaruhi dengan cukup baik pada taraf koefisien diterminasi oleh Kompetensi Sosial Guru. Kedua, Terdapat Pengaruh Positif, Signifikan dan Sangat Rendah antara Pendidikan Agama Islam terhadap Perilaku Sosial Siswa SMPN 154 Jakarta. Selanjutnya karena koefisien korelasi R Product Momentnya = 0.132 maka dapat diperoleh nilai koefisien determinasinya sebesar R2 = 0.01 yang berarti bahwa 19 % variansi Perilaku Sosial Siswa dapat dipengaruhi oleh Pendidikan Agama Islam Ketiga, Terdapat Pengaruh Positif, Signifikan dan Sangat Rendah antara Kompetensi Sosial Guru dan Pendidikan Agama Islam secara simultan terhadap Perilaku Sosial Siswa SMPN 154 Jakarta. Selanjutnya karena koefisien korelasi R Product Momentnya = 0.156. Maka dapat diperoleh nilai koefisien determinasinya sebesar R2 = 0,024 yang berarti bahwa 24% variansi Perilaku Sosial Siswa SMPN 154 Jakarta dapat dipengaruhi oleh Kompetensi Sosial Guru dan Pendidikan Agama Islam.