Analisis Keefektifan Pembelajaran Menggunakan Youtube Di Masa Pandemi
Abstract
ABSTRACT: The purpose of this study was to obtain information about the effectiveness of the online learning process using Youtobe during the pandemic. Research using qualitative exploratory methods with an inductive approach. In this study, there were 7 respondents associated with SD Muhammadiyah 2, consisting of 3 teachers, 3 guardians of students, and 1 student. To maintain the confidentiality of the respondent's identity, the researcher gave the respondent's name F1, F2, F3, F4, F5, F6, F7. The interview statement used google from and was developed with related literature. The results of this study are the lack of effectiveness of online learning which is packaged in the YouTube video due to the lack of interest of students to listen to it and feel uncomfortable because they do not come face to face with the ustadz and ustadzahnya. ABSTRAK : Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan informasi tentang ke efektifan proses pembelajaran online menggunakan youtobe di masa pandemi penelitian menggunakan metode kualitatif eksploratif dengan pendekatan induktif. Dalam penelitian ini responden yang berkaitan sebanyak 7 orang dari SD Muhammadiyah 2, terdiri dari 3 guru, 3 wali murid,dan 1 peserta didik. Untuk menjaga kerahasiaan identitas responden, peneliti memberi nama responden F1, F2,F3,F4,F5,F6,F7 Pernyataan wawancara menggunakan google from dan dikembangkan dengan literatur terkait. Hasil dari penelitian ini kurangnya efektif nya pembelajaran online yang di kemas dalam vidio youtube karena faktor kurangnya minat peserta didik untuk menyimaknya dan merasa ketidak nyamanan karena tidak bertatap muka langsung dengan para ustadz dan ustadzahnya.