PERBADINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MTS DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN EXTROVERT DAN INTROVERT (STUDI MULTI SITUS DI KABUPATEN LOMBOK BARAT)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar matematika siswa MTs yang berkepribadian extrovert dan introvert pada materi pecahan. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII di 6 (enam) MTs di Kabupaten Lombok Barat yang memiliki kepribadian extrovert dan introvert. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dan tes. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu besarnya Thitung  adalah  7,979 dan Ttabel adalah 1,979 maka THitung  ≥ TTabel dengan nilai 7,979 ≥ 1,979 dengan taraf signifikansi 5%,  sehingga H0 ditolak. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu terdapat perbedaan hasil belajar matamatika siswa MTs ditinjau dari tipe kepribadian extrovert dan introvert (studi multi situs di Kabupaten Lombok Barat). Adapun saran yang diajukan dalam penelitian ini yaitu guru diharapkan untuk lebih mengenal secara mendalam tentang tipe kepribadian yang dimiliki siswa sehingga guru dapat memilih metode ataupun model pemebelajaran yang sesuai sehingga dapat membantu siswa mencapai hasil belajar yang maksimal.