Pengaruh Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share pada pembelajaran matematika di Madrasah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VIII MTs Darunnajah Al-Falah Telagawaru. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Darunnajah Al-Falah Telagawaru. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan teknik sampling jenuh dengan jumlah masing-masing 24 siswa yang terdiri dari 2 kelas dengan total keseluruhan 48 orang. Dalam penelitian ini peneliti memilih kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket, metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji-t yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil perhitungan uji-t diperoleh nilai t hitung= 4,239 dan ttabel = 2,069 untuk taraf signifikan 5% dengan df = (nā1) = (24ā1)=23. Sehingga berdasarkan kriteria pengujian hipotesis dengan menggunakan t-test yaitu jika thitung > ttabel (4,239 > 2,069) maka hipotesis alternatif (Ha yang diterima), karena berdasarkan perhitungan ternyata hasil dari thitung = 4,239 lebih besar dari t tabel = 2.069 maka Ha diterima atau penolakan H0, dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan secara signifikan