ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH PERBANDINGAN BERDASARKAN LANGKAH POLYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan siswa dalam memecahkan masalah perbandingan dengan menggunakan bantuan pemecahan masalah berdasarkan langkah Polya. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan strategi penelitian yaitu studi kasus. Subjek penelitian dipilih mengggunakan sampel bertujuan (purposive simple), dipilih 3 subjek penelitian,. siswa dipilih dengan pertimbangan bahwa siswa tersebut mempunyai kemampuan mengemukakan pendapat baik secara lisan dan tertulis serta kemampuan matematika yang memenuhi kriteria sebagai subjek penelitian yakni tinggi, sedang dan rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah think aloud method, yaitu siswa diminta untuk mengungkapkan ekspresi verbal tentang ide yang dipikirkan ketika menyelesaikan masalah perbandingan. Pemeriksaan keabsahan data dengan triangulasi waktu. Langkah-langkah dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat jenis kesalahan siswa dalam memecahkan masalah perbandingan berdasarkan langkah Polya. Pada langkah memahami masalah jenis kesalahan yang dilakukan siswa adalah siswa tidak dapat mengungkapkan apa yang diketahui dan yang ditanyakan, siswa tidak dapat membedakan perbandingan senilai dan berbalik nilai. Pada langkah merencanakan masalah siswa tidak dapat merencanakan masalah sesuai dengan informasi yang ada dalam soal dan siswa merencanakan pemecahan masalah menggunakan strategi perbandingan senilai yang seharusnya menggunakan perbandingan berbalik nilai. Pada langkah melaksanakan rencana pemecahan masalah siswa tidak dapat menghitung dengan perhitungan yang tepat  sehingga langkah-langkah yang di buat menjadi kurang tepat. Pada langkah memeriksa kembali solusi yang di peroleh siswa tidak memeriksa kembali solusi yang diperoleh karena yakin dengan jawabannya.