Pengaruh Model Time Token Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV SDN Prayitna Kecamatan Praya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model time token terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN Prayitna. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat secara teoristis maupun praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian repeated treatment. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Prayitna.Metode pengumpulan data yaitu obsevasi dan tes keterampilan berbicara. Tes keterampilan berbicara digunakan untuk memperoleh data yang berkaitan dengan keterampilan berbicara siswa, Sedangkan observasi digunakan untuk memperoleh data keterlaksaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Data yang diperoleh kemudian di analisis menggunakan rumus anova repeated measure untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode bercerita berbantuan media gambar terhadap keterampilan berbicara siswa. Berdasarkan hasil uji anova repeated measure diperoleh angka signifikansi 0,000 yang berarti lebih kecil dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa Ho dinyatakan ditolak Ha dinyatakan diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa  metode bercerita berbantuan media gambar berpengaruh terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN Prayitna tahun ajaran 2020/2021.